I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 12 Februari 2012

strategi operasional untuk barang dan jasa

Strategi Operasi Untuk Barang Dan Jasa — Presentation Transcript

  • 1. Strategi Operasi untuk Barang dan JasaOleh :Henrianto (41606010001)
  • 2. TujuanMengetahui pengertian dari strategi operasi serta manfaatnya dalam bisnis sehingga perusahaan dapat mengambil langkah-langkah jitu dalam usaha memenangkan persaingan.
  • 3. PengantarDalam situasi dan kondisi yang terus berkembang, maka banyak perusahaan membuat keputusan untuk mengembangkan bisnis ke dunia internasional.Kegiatan operasi hendaknya bukan sekedar menghasilkan barang dan jasa tetapi juga memberikan kekuatan kompetititf bagi bisnis.Pencapaian keunggulan kompetitif melalui perbaikan unjuk kerja operasi membutuhkan tanggapan strategi dalam operasi.Untuk menjadi perusahaan yang kompetitif kita harus terlebih dahulu mengenal model - model strategi operasi.
  • 4. Manajemen StrategiStrategi berasal dari bahasa Yunani stratogos yang artinya ilmu para jenderal untuk memenangkan suatu pertempuran dengan menggunakan sumber daya yang terbatas (Sihombing,2000).Dari berbagai pengertian atau defenisi yang ada dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi adalah suatu seni dan ilmu dari suatu pembuatan (formulating), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategis antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan masa datang (Dwiningsih,2001).
  • 5. Manajemen OperasiDalam manajemen operasi kita berbicara tentang usaha pengelolaan (planning, organizing,actuacting, controlling) secara optimal penggunaan sumber daya/ faktor-faktor produksi (man, material, machine, methode, Manajemen Operasiney, market ) dalam proses transformasi bahan mentah menjadi produk / jasa.Menurut Ishak (2007) manajemen operasi erat kaitannya dengan pengelolaan input menjadi output sesuai dengan strategi yang direncanakan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
  • 6. Pengertian Strategi OperasiRoger B.Scholder, mengemukakan bahwa strategi operasi adalah suatu fungsi yang menentukan arahan/dorongan secara keseluruhan untuk pengambilan keputusan.Schroeder, Anderson, dan Cleveland (1986) mendefinisikan bahwa strategi operasi terdiri dari empat komponen: mission, objectives, distinctive competence, dan policies.Menurut pendapat Skinner (1996), operasi harus berhubungan penuh dengan strategi bisnis. Strategi operasi dan keputusan harus diisi secara penuh kebutuhan dari bisnis dan harus menambah keunggulan bersaing bagi perusahaan. Hayes dan Wheel Wrigt,1984 mengungkapkan bahwa srtategi operasi adalah strategi fungsional yang harus didukung dengan strategi bisnis dan harus menjadi pola yang konsisten dalam keputusan.
  • 7. Tujuan StrategiTujuan suatu strategi adalah untuk mempertahankan atau mencapai suatu posisi keunggulan dibandingkan dengan pihak pesaing. Organisasi tersebut masih harus meraih keunggulan apabila ia dapat memanfaatkan peluang-peluang di dalam lingkungan,yang memungkinkan menarik keuntungan-keuntungan dari bidang-bidang kekuatannya.
  • 8. Konsep Manajemen StrategiRichard Vancil (dari Harvard University) merumuskan konsep strategi sebagai berikut : ”Strategi sebuah organisasi atau sub unit sebuah organisasi lebih besar, yaitu sebuah konseptualisasi yang dinyatakan atau diimplikasi oleh pemimpin oragnisasi yang brsangkutan, berupa :Sasaran-sasaran jangka panjang atau tujuan-tujuan organisasi tersebut.Kendala-kendala luas dan kebijakan-kebijakan yang atau ditetapkan sendiri oleh sang pemimpin, atau yang diterimanya dari pihak atasannya, yang membatasi skope aktivitas-aktivitas organisasi yang bersangkutan dankelompok-kelompok rencana dan tujuan-tujuan jangka pendek yang telah diterapkan dengan ekspektasi akan diberikannya sumbangsih mereka dalam hal mencapai sasaran-sasaran organisasi tersebut.
  • 9. Model Strategi OperasiCorporate andbusiness strategyInternalanalysisExternalanalysisConsistent pattern of decisions ResultsFunctional strategies inmarketing, finance,engineering, humanresources, andinformation systemsOperations StrategyMissionDistinctiveCompetenceObjectives(cost, quality, flexibility, delivery)Policies(process, quality systems, capacity,and inventory)
  • 10. Model Strategi OperasiAnalisa eksternal dan internal, eksternal mencakup  kompetisi, pelanggan, ekonomi, teknologi dan kondisi sosial.  Contoh pengaruh eksternal yaitu, meningkatnya persaingan luar negeri, perubahan harga minyak, inflasi, kurs valuta asing yang fluktuatif dan permintaan kerja.Misi operasi, merupakan unsur utama dari strategi operasi, didefinisikan sebagai tujuan operasi  yang berhubungan dengan strategi bisnis dan perusahaan.Distinctive competence, artinya operasi relatif harus lebih unggul dari pesaing, harus sesuai dengan misi operasi.  Atau dengan kata lain dengan biaya terendah, kualitas tertinggi, pengiriman terbaik dan fleksibilitas yang besar.Tujutan operasi,  tujuan operasi dinyatakan dengan kuantitatif yang khusus dengan syarat dapat diukur.  Biaya, dipandang sebagai perubahan tahunan, tetapi dapat  dibandingkan dengan biaya kompetisi.  Kualitas, sesuai dengan pandangan pelanggan.
  • 11. Arti Sebuah MisiPerusahaan yang beroperasi seharusnya mempunyai suatu misi sehingga bisa mengetahui arah tujuan yang ingin dicapai. Misi dapat diartikan sebagai :1. Alasan pendirian organisasi2. Memberian batasan dan focus.3. Menjawab pertanyaan tentang, apa yang akan diberikan kepada masyarakat?Adapun misi perusahaan yang ditetapkan, diantaranya sangat ditentukan factor lingkungan, konsumen, nilai dan filosofi yang berlaku, pertumbuhan perusahaan, citra di masyarakat.Untuk dapat mencapai misi yang telah ditetapkan dengan efektif dan efisien maka organisasi perlu menetapkan strategi tertentu. Oleh karena itu strategi dapat diartikan sebagai:1. Rencana tindakan untuk mencapai misi.2. Memperlihatkan bagaimana misi akan dicapai3. Setiap perusahaan mempunyai strategi bisnis4. Area fungsional mempunyai strategi
  • 12. Strategi vs TaktikStrategyTacticFive P:Pattern (Pola)PlanPositionPerspectivePlay (Manufer)Prosdem(Problem Solving and Decision Making)
  • 13. Operations StrategyCompetitivenessKemampuan suatu perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang dapat memenuhi “Voice of Customer/ Stakeholders”Hopes (harapan) Wants Needs Income Willingness to buy Something (Kemauan)
  • 14. 4 Generasi dari OutputIIIIIIIVGoods(Tangible)GoodsServicesGoods (+)Add on ServicesServitization a bundle of Goods and Services Comparative AdvantageCompetitiveAdvantageComplementary AdvantageCollaborative Advantage
  • 15. Quality ManagementProduct Design and Process Selection ManufacturingProduct Design and Process Selection ServicesTQMGoods (+) add on Services Servicess (+) add on Goods ComplementaryTangible Product (Goods)Intangible Product (Services)Complementary Advantage Collaborative AdvantageServitization a bundle of goods and services
  • 16. Proses Perumusan StrategiStrategi bisnis organisasi seperti strategi operasi adalah seperangkat sasaran, rencana, dan kebijakan bagi organisasi untuk bersaing dengan berhasil di pasar. Rencana strategis pada umumnya dirumuskan pada tingkat komisi eksekutif (CEO, presiden, wakil presiden) dengan masukan utama dari dan pengulangan dengan tiap bidang fungsional.
  • 17. Bagan Proses Perumusan Strategi STRATEGI LITBANGSTRATEGI PEMASARANSTRATEGI OPERASISTRATEGI KEUANGAN
  • 18. Karakteristik Strategi BisnisBiasanya berjangka sangat panjang.Bersifat spesifik dalam hal yang abstrak, tetapi tidak spesifik dalam rincian.Strateginya merupakan perasaan umum atau barang kali budaya di seluruh organisasi.Biasanya berfokus pada beberapa bidang spesifik dan bukan pada kelompok besar.Keputusan yang diambil sepanjang waktu akan memperlihatkan suatu pola konsisten yang mengukuhkan pandangan strategis.
  • 19. Isu-Isu Strategi OperasiSetelah perusahaan menetapkan misi, mengembangkan dan menerapkan strategi tertentu menuntut manajer operasi untuk mempertimbangkan sejumlah isu. 1. Mutu produk yang tinggi 2. Pemanfaatan Kapasitas yang tinggi 3. Efektivitas operasi yang tinggi 4. Intensitas Investasi yang rendah 5. Biaya langsung per unit yang rendah
  • 20. Strategi Operasi dalam Lingkungan GlobalUntuk menetapkan strategi bisnis dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif yang tepat maka biasanya ada tiga langkah utama yang dilakukan perusahaan yaitu:Analisis Lingkungan Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dan memahami lingkungan, pelanggan, industri dan pesaing Menetapkan Misi Perusahaan Menetapkan alsan keberadaan perusahaan dan mengidentifikasi nilai produk yang akan diciptakan oleh perusahaan. Membentuk Strategi Membangun keunggulan bersaing seperti harga yang murah, fleksibilitas rancangan atau isi, mutu, penghantaran yang cepat, ketergantungan, jasa purna jual, atau lini produk yang luas.
  • 21. Jenis Strategi BersaingBersaing pada perbedaan (Differentiation), keunikan dapat melalui karakteristik fisik maupun atribut jasa yang ditawarkan kepada konsumen sehingga konsumen mempersepsikannya sebagai nilai. Bersaing pada biaya (Cost Leadership), nuntuk mencapai nilai maksimum yang diinginkan pelanggan tetapi dengan kualitas yang memadai. Bersaing pada respon cepat (rapid response), melalui keseluruhan nilai yang terkait dengan pengembangan dan penghantaran barang yang tepat waktu, penjadwalan yang dapat diandalkan serta kinerja yang fleksibel.
  • 22. Aspek-aspek Unik dari Jasa yang Harus Dipertimbangkan dalam Suatu Strategi Ada lebih sedikit penghalang jalan masuk, seperti peralatan modal yang mahal untuk jasa.Tidak ada inventarisasi untuk menimbun stok.Personel yang terampil merupakan bagian utama proses pelayanan.Kualitas jasa sering didasarkan pada persepsi pelanggan.Kebijakan harga berada pada variance yang ekstrim dari harga yang menyulitkan pelanggan dalam membuat perbandingan.Jasa sering padat tenaga kerja.Lokasi adalah faktor strategis yang penting.
  • 23. Perbedaan Strategi untuk Perusahaan Barang dan Jasa
  • 24. Perbedaan Strategi untuk Perusahaan Barang dan Jasa
  • 25. Strategi berdasarkan Siklus Produk
  • 26. Kurva tersebut dibagi menjadi tiga segmen besar: pengenalan dan penggunaan dini, penerimaan dan pertumbuhan pasar, dan pematangan dan penjenuhan pasar. Sesudah penjenuhan pasar, permintaan mungkin tetap tinggi atau menurun; atau keluaran diperbaiki dan dimulai pada kurva pertumbuhan yang baru.Strategi bisnis suatu perusahaan harus cocol dengan tahap-tahap siklus produk/jasa.Jika perusahaan kuat dalam inovasi seperti Hewlett Packart perusahaan mungkin hanya fokus pada tahap perkenalan kemudian menjualnya. Seandainya kekuatan ada pada produksi tinggi yang berbiaya rendah, perusahaan tersebut harus berpegang pada produk yang sudah terbukti.
  • 27. Kategori Strategi BisnisSatu pendekatan yang dikembangkan oleh P.R Richardson membagi strategi ke dalam 6 kelompok utama:Arus konstan keluaran baruBersaing sepanjang siklus hidup dengan pemenangMelayani kekompleksanPembuatan berdasarkan pesanan untuk satu hargaVariasi dengan harga murahHarga murah untuk keluaran matang
  • 28. Prioritas KompetitifPrioritas merupakan ukuran yang dipilih suatu perusahaan untuk memberikan penekanan dalam menyediakan produknya.Ada tujuh ukuran yang digolongkan menjadi empat kelompok, yaitu:BiayaBiaya murahKualitas Rancangan kinerja tinggiKualitas konsisten)Waktu Waktu penyerahan cepatPenyerahan tepat waktuFleksibilitas Fleksibilitas produk Fleksibilitas volume
  • 29. Strategi Penempatan
  • 30. Karakteristik Strategi Fungsional
  • 31. TERIMA KASIH